Tanda-Tanda Wanita Akan Melahirkan

Menjelang persalinan, mungkin kebanyakan ibu muda masih bingung dan bertanya-tanya, apa sih ciri-cirinya dan tanda-tandanya mau melahirkan?? Pertanyaan seperti ini wajar bagi calon ibu muda. Sebab, ketika menjelang persalinan, wanita cenderung lebih mempersiapkan mental dan tenaga untuk menghadapi masa-masa tersebut.

Ciri ciri Wanita Akan Melahirkan
Dari kebanyakan kasus, masa wanita melahirkan dimulai antara minggu ke-39 dan minggu ke-41 usia kehamilan. Namun hal ini tak semuanya sama, sebab, lama kehamilan wanita itu berbeda-beda, banyak bayi yang lahir di salah satu minggu-minggu tersebut tanpa menunjukkan tanda-tanda lahir prematur atau lahir terlambat sebelumnya. 

Di bulan-bulan akhir masa kehamilan, tubuh akan memproduksi progesteron untuk melunakkan jaringan di sekitaran cervix, yaitu leher rahim yang menghubungkan antara uterus dan vagina, dan juga pelvis (panggul) guna persiapan untuk proses melahirkan. Waktu melahirkan akan di mulai pada saat kontraksi rahim mulai meregangkan jaringan di sekiraran cervix.

Tanda-tanda wanita akan melahirkan biasanya di awali dengan gejala-gejala seperti dibawah ini:

1. Nyeri di bagian selangkangan

Rasa nyeri di bagian selangkangan ini terjadi karena ada tekanan dari dalam, hal ini di akibatkan karena posisi kepala janin sudah mulai turun ke bawah. Biasanya ini dibarengi dengan seringnya buang air kecil, sakit dibagian perut, sering buang air besar, mulas, dan buang angin.

2. Sakit dibagian panggul dan tulang belakang

Saat akan melahirkan, biasanya ditandai dengan nyeri di daerah panggul dan juga pada bagian tulang belakang. Tak perlu khawatir, nyeri  pada panggul ini terjadi karena pergeseran dan pergerakan posisi janin yang sudah mulai menekan tulang bagian belakang.

3. Keluarnya Lendir Kental Bercampur Darah

Jika menemukan kondisi keluar cairan lengket berwarna merah muda, jangan panik. Ini bisa saja merupakan tanda tanda Anda akan segera menjalani proses melahirkan.

4. Kontraksi

Kontraksi  terasa muncul setiap 15-20 menit, lalu perlahan akan menguat dan semakin sering, biasanya akan membuat anda merasa kurang nyaman. Bila air ketuban belum pecah, lebih baik mendatangi bidan terdekat begitu kontraksi terasa setiap 10 menit dan itu sering.

5. Pecahnya Air Ketuban

Jika Anda merasakan bahwa air ketuban mulai pecah, itu tandanya proses persalinan sudah mendekati. Langkah yang paling tepat adalah mempersiapkan mental dan tenaga untuk proses persalinan selanjutnya.